Selamat datang Siswa-siswi Baru di Yayasan Nurussyamsi

Mukadimah

Bismillah, teriring do'a Ikhwah semoga kita senantiasa dalam ketaatan dan menetapi jalan kebenaran dijalan Allah 'azza wa jalla dan RasulNya

Dari Al Aghar bin Yasar Al Muzanniy radhiyallahu 'anhu, ia berkata : "Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Wahai manusia, Bertaubatlah kalian kepada Allah ta'ala dan mohonlah ampun kepadaNya, sesungguhnya saya bertaubat seratus kali setiap hari." (HR. Muslim)

Wahai saudara marilah kita membiasakan dan berusaha untuk selalu bertaubat kepada Allah ta'ala setiap hari, setiap saat, setiap waktu, Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam sendiri beliau seorang yang dijaga dari dosa dan diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang oleh Allah ta'ala, beliau sendiri merasa takut sekali kepadaNya, lalu bagaimana dengan kita ? Kita berdoa kepada Allah ta'ala agar kita dijaga dari perbuatan dosa dan dijadikan kita semua termasuk kedalam golongan hamba-hambaNya yang ikhlas bertaubat kepadaNya. أمين Allahu musta'an

Kata Mutiara

QS Al-Baqarah : 45

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

Kata Mutiara

Hari kemarin adalah mimpi dan hari esok adalah visi, jangan jadikan hari kemaren sebagai sebuah penyesalan dan jangan pula menatap hari esok dengan ketakutan.
Kita selalu berharap pengalaman kemarin selalu bisa bermanfaat hari ini dan rencana hari ini bisa berguna esok hari.
Semua itu adalah harapan dan harapan adalah bagian dari doa.
Sama seperti doa, tidak semua harapan terwujud dengan nyata dan hal tersebut tidak perlu menjadikan kita berhenti untuk berharap.

Jumat, 24 Juli 2009

VLOOKUP Mempercepat Pencarian Nilai Berdasarkan Referensi Kolom

VLOOKUP Mempercepat Pencarian Nilai Berdasarkan Referensi Kolom

Dalam pekerjaan pengolahan data di Excel, kadang-kadang kita dihadapkan dengan kasus untuk mengambil data/informasi dari sebuah data besar yang akan tidak efisien jika kita lihat satu persatu. Misalnya kasus di data pendidikan hasil ujian 1000 peserta, dimana masing-masing peserta punya nomor ujian dan total nilai yang diperoleh. Karena ada hal tertentu, ada 50 peserta yang harus diketahui nilainya dengan cepat. Apa cara yang bisa dilakukan:

1 . Melihat ke-50 peserta satu persatu. Cara ini termasuk cara yang tidak effisien.

2 . Mengurutkan nomor peserta kemudian cari nomor yang sesuai dng ke-50 peserta. Cara ini sudah cukup baik hanya saja masih belum effisien. Kalau nomor peserta bertipe angka mungkin tidak bermasalah, bagaimana kalau nomor peserta adalah gabungan angka dan huruf dengan 10 digit misalnya, pasti makin sulit saja

3 . Memanfaatkan fungsi ‘VLOOKUP’ untuk menghasilkan info dari tabel lain. Cara inilah yang paling pas!

VLOOKUP adalah sebuah fungsi excel yang ada di versi 2007 maupun sebelumnya. TipXLS kali ini akan membahas ttg fungsi ini dengan kasus diatas. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1 . Pada baris ke-1 paling atas, di kolom A dan B (kita sebut A1 dan B1), ketik ‘nomor’ dan ‘nilai’

2 . Pada A2 s/d A1001 masukan nomor ke-1000 peserta, dan B2 s/d B1001 untuk nilainya.

Disini kita sudah mendapatkan sebuah tabel dengan nama variabel di kolom A1 dan B1, dan dibawahnya adalah nilainya. Perhatikan bahwa nilai ada di baris ke-2 s/d 1001.

3 . Ketik ‘nomor’ dan ‘nilai’ di D1 dan E1

4 . Masukan nomor ke-50 peserta ke D2 s/d D51. Kolom nilai biarkan kosong karena kolom ini yang akan dimasukan fungsi vlookup

OK, setelah ini akan ditunjukan bagaimana fungsi VLOOKUP akan menyelesaikan masalah Anda dengan cepat. Perhatikan kembali penggunaan baris di langkah No.2

5 . Kita ingin di kolom E2 berisikan sebuah nilai yang merujuk ke nomor peserta yang tertulis di D2, ini yang harus dipahami sebelumnya.

6 . Pada E2, ketik =VLOOKUP(D2,$A$2:$B$1001,2,FALSE). Penjelasan fungsi ini klik gambar dibawah ini.

7 . Copy cell E2, sorot E3 s/d E51, dan Paste.

Anda sudah berhasil melakukannya. Selamat!

0 komentar: