Selamat datang Siswa-siswi Baru di Yayasan Nurussyamsi

Mukadimah

Bismillah, teriring do'a Ikhwah semoga kita senantiasa dalam ketaatan dan menetapi jalan kebenaran dijalan Allah 'azza wa jalla dan RasulNya

Dari Al Aghar bin Yasar Al Muzanniy radhiyallahu 'anhu, ia berkata : "Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Wahai manusia, Bertaubatlah kalian kepada Allah ta'ala dan mohonlah ampun kepadaNya, sesungguhnya saya bertaubat seratus kali setiap hari." (HR. Muslim)

Wahai saudara marilah kita membiasakan dan berusaha untuk selalu bertaubat kepada Allah ta'ala setiap hari, setiap saat, setiap waktu, Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam sendiri beliau seorang yang dijaga dari dosa dan diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang oleh Allah ta'ala, beliau sendiri merasa takut sekali kepadaNya, lalu bagaimana dengan kita ? Kita berdoa kepada Allah ta'ala agar kita dijaga dari perbuatan dosa dan dijadikan kita semua termasuk kedalam golongan hamba-hambaNya yang ikhlas bertaubat kepadaNya. أمين Allahu musta'an

Kata Mutiara

QS Al-Baqarah : 45

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

Kata Mutiara

Hari kemarin adalah mimpi dan hari esok adalah visi, jangan jadikan hari kemaren sebagai sebuah penyesalan dan jangan pula menatap hari esok dengan ketakutan.
Kita selalu berharap pengalaman kemarin selalu bisa bermanfaat hari ini dan rencana hari ini bisa berguna esok hari.
Semua itu adalah harapan dan harapan adalah bagian dari doa.
Sama seperti doa, tidak semua harapan terwujud dengan nyata dan hal tersebut tidak perlu menjadikan kita berhenti untuk berharap.

Senin, 31 Maret 2008

Yayasan Nurrussyamsi Online



KETUA YAYASAN : Bapak H. Kastubi, BA














Profile Yayasan Nurussyamsi

Ide Dasar

Ide pertama untuk mendirikan yayasan berasal dari Bapak H. Kastubi, BA. Ide tersebut muncul atas motivasi dan kenyataan :

Pertama:
Firman Allah SWT : “ Orang mu’min laki-laki dan perempuan sebagian mereka menjadi pemimpin sebagian yang lain, menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemunkaran. (QS. At-Taubah : 71).

Berdasarkan firman Allah di atas, bahwa berbuat kebajikan serta memperhatikan nasib generasi penerus pada hakekatnya merupakan tuntutan yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk merealisasikan terwujudnya tuntutan tersebut, didorong oleh rasa kemanusian dan tanggungjawab.

Kedua:
Kurangnya sarana keagamaan yang memadai khususnya di kecamatan Pancoranmas pada waktu itu. Karena kurangnya sarana keagamaan, akibatnya sulit untuk mengkoordinasi dan menjaring kegiatan-kegiatan keagamaan di masyarakat. Akibat selanjutnya, masyarakat menjadi tertinggal (awam) dalam hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan agama. Sebelum berdirinya yayasan masih banyak tradisi masyarakat yang bisa dikategorikan perbuatan negatif, seperti kebiasaan berjudi melalui permainan kartu, kebiasaan meminum minuman yang memabukkan dan lain sebagainya.

Ketiga:
Memperbaiki mutu pendidikan masyarakat di perkotaan merupakan tugas dan kewajiban ummat Islam dalam rangka mengisi kemerdekaan dengan amal kebaikan, memberantas kebodohan, kekufuran dan kekafiran.

Kempat:
Telah banyak putra-putri masyarakat Depok yang mencari ilmu ke luar daerah, baik yang mesantren maupun kuliah di Perguruan Tinggi. Dan mereka tentunya akan kembali ke masyarakatnya untuk mengamalkan berbagai disiplin ilmu yang mereka dapat. Aset ini memerlukan wadah untuk dikoordinir dengan baik.

Kelima:
Semakin derasnya tantangan luar, baik melalui mass media maupun pergaulan sehari-hari. Di masyarakat sedang terjadi penetrasi budaya atau Cultural Shock (kejutan-kejutan budaya) yang dapat menggoyahkan nilai-nilai aqidah. Seharusnya masyarakat dibekali pengetahuan agama agar dapat merealisasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, dan sekaligus akan menjadi filter yang dapat menyaring bahkan menolak budaya-budaya yang bertentangan dengan norma-norma agama. Agama dapat mengarahkan manusia ke jalan yang lurus dan benar. Lewat yayasan inilah nilai-nilai agama kami pancarkan.

Atas landasan ide dan motivasi di atas, pembentukan yayasan dapat direalisasikan. Beberapa kali diadakan musyawarah antara tokoh masyarakat dan para asatidz.

TUJUAN
Membentuk generasi muslim yang berakhlaq mulia, berilmu, cakap dan mempunyai kesadaran dalam bertanggung jawab terhadap kesejahteraan ummat serta masa depan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Membentuk masyarakat Indonesia yang berkepribadian sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional melalui jalur formal dan non formal dalam upaya mewujudkan kesejahteraan lahir bathin ummat Islam.

Misi Yayasan PDF Cetak Email
Menyelengarakan proses pendidikan dan pengajaran yang berciri khas Islam dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan yang relevan, keterampilan yang memadai dan atau karakter yang dapat diandalkan.

Mempersiapkan peserta didik agar mampu menjadi khalifatullah yang berakhlaq mulia dalam arti mampu mengelola, mengembangkan dan melestarikan alam

Membentuk SDM yang dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dalam berbagai disiplin ilmu yang memadai.

Menumbuhkembangkan, memberdayakan dan meningkatkan sumber potensi yang dimiliki dengan dilandasi semangat dan etos kerja yang baik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Meningkatkan SDM yang berkualitas, sehingga mampu menciptakan suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang kondusif.

Visi Yayasan PDF Cetak Email
Membentuk generasi muslim yang kaaffah, yaitu generasi muslim yang dapat memahami, menghayati dan mengamakan ajaran Islam secara totalitas.



0 komentar: